MENIMBANG STRATEGI POLITIK HANKAM DI TENGAH KRISIS KEDAULATAN

Jumat, 01 Juli 2011


OLEH; NURFAJRI MURSALIN
Negara Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki wilayah luas yang terdiri dari daratan dan kelautan. Terbentang ribuan pulau dari sabang sampai merauke. Memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah mulai dari hasil bumi maupun yang tersimpan dalam bumi sampai hasil dari perairan (kelautan). Sehingga negara Indonesia menjadi negara yang sangat strategis dan kaya akan SDA. Dengan kekayaan yang dimilikinya ini, membuat banyak negara-negara di dunia mengincar untuk menguasainya. Terbukti portugis, belanda dan jepang pernah melakukan ekspansi ke negara ini. Karena itu, sekalipun saat ini Indonesia telah menyatakan diri merdeka dengan kedaulatan wilayah NKRI akan selalu ada ancaman dari negara lain untuk kembali melakukan ekspansi ke Indonesia dalam hal penguasaan SDA.
Atas dasar tersebut di atas maka aparatur negara, dalam hal ini pemerintah setelah merdekanya negara ini menggagas suatu sistem untuk melakukan penjagaan terhadap kedaulatan NKRI.  Mereka sadari bahwa akan ada banyak ancaman yang sewaktu-waktu bisa menyerang negara Indonesia. Sehingga dibentuklah sebuah sistem yang saat ini9 dikenal dengan Pertahanan dan Keamanan (HANKAM).
HANKAM merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam Negara ini untuk menjaga kedaulatan NKRI dari setiap ancaman. Sehingga dalam pelaksanaan tugas pertahan dan keamanan ini dibutuhkan orang-orang untuk melaksanakiannya. Selain itu, dibutuhkan juga persenjataan yang baik untuk membendung apabila sewaktu-waktu terjadi penyerangan dari negara-negara lain atau siapaun yang mencoba mengancam kedaulatan NKRI. Namun tak hanya itu, segala bentuk ancaman dari dalam negeri juga harus diatasi.
Oleh karena itu, seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi yang begitu pesat. Maka dalam proses menjaga pertahanan dan keamanan negara juga perlu untuk dibenahi. Hal ini untuk dapat mengimbangi kacanggihan teknologi persenjataan yang dimiliki oleh negara lain. Sehingga kedaulatan negara tak dirongrong oleh negara lain.
Dalam hal menyikapi perkembangan yang ada sekarang, dimana negara-negara di dunia mengembangkan sistem persenjataan militernya. Maka negara ini sistem militer negara inipun harus mampu mengimbangi. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembenahan itu adalah sebagai berikut;
1.         Personil Militer
Menyangkut personil militer, ada beberapa poin yang harus dibenahi.
a.    Personil Militer  harus tangguh, karena personil militer merupakan hal yang paling utama dalam hal menjaga pertahanan dan keamanan NKRI sehingga personil yang ada semuanya harus tangguh. Selain itu mereka harus dibina dan dilatih dengan baik agar dapat melaksanakan tugasnya sesuai fungsinya.
b.    Evaluasi terhadap personil militer tiap satuan jangka tertentu. Sesuai kondisi kenyataan yang ada sekarang bahwa personil militer ketika telah masuk dalam satuan militer maka tidak lagi memperhatikan kondisi tubuhnya. Sehingga tak jarang banyak dari mereka yang bmemiliki tubuh tak lagi proporsional. Hal ini akan sangat berdampak bagi mereka dalam mempertahankan keamanan negara. Sehingga perlu ada evaluasi oleh tiap instansi militer untuk tetap menjaga tubuh proporsional.
c.    Distribusi personil ke daerah perbatasan perlu ditambah. Melihat bahwa banyaknya personil militer yang pada hari ini hanya duduk-duduk seharian di markasnya masing-masing. Maka pendistribusian personil ini perlu ditambahkan karena mengingat akhir-akhir ini kondisi di perbatasan mengalami peningkatan ancaman. Selain itu kondisi yang ada sekarang bahwa justru personil militer ini yang membuat kericuhan atas keamanan negara. Seperti kericuhan antara personil TNI dan personil POLRI yang sering terlibat dan banyaknya personil yang hanya melakukan pemalakan atau disewa jasanya sebagai penagih utang (Debt Kolektor) yang sampai menganiaya korbannya.




2.    Persenjataan dan Sumber Energi
Selain penguatan dari personil militer maka hal yang paling penting adalah sistem persenjatan yang dimiliki instansi militer. Dimana, tak bisa dipungkiri bahwa personil militer sangat bergantung pada persenjataan yang dimiliki. Oleh karena itu, persenjataan yang adapun harus senantiasa mengikuti perkembangan teknologi persenjataan yang ada di dunia.
Sepadan dengan kondisi persenjataan, sumber energi dalam menjaga pertahanan dan keamanan tak kalah penting. Dimana jika kita melihat ke luar negara-negara besar di dunia, mereka besar dan mampu menguasai dunia karena sumber energi yang mereka miliki  dalam menopang persenjataan dan personil militernya.

Oleh karena itu, Personil Militer, persenjataan dan sumber energi sangat penting dan harus senantiasa dibenahi oleh negara ini dalam pertahanan dan keamanan (HANKAM) untuk menjaga kedaulkatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

0 komentar: