AWAL TERBENTUKNYA SEPARATIS '09

Senin, 24 Januari 2011

SEPARATIS, kata yang tedengar menakutkan bagi beberpa oang bahkan suatu Negara di dunia ini. Karena Separatis adalah golongan atau kelompok yang menginginkan pemisahan diri dari suatu persatuan (Kelompok atau Negara). Banyak Negara di dunia ini pecah menjadi wilayah-wilayah bau akibat sebuah gerakan separatis. Seperti Cekoslowakia yang peca...h menjadi dua negara bagian yaitu Rep. Ceko dan Slovakia begitupun Timur Leste yang memisahkan diri dari NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) serta masih banyak negara lainnya lagi. Biasanya kelompok Separatis muncul akibat perasaan kurangnya kekuatan Politik dan Ekonomi pada suatu kelompok.
          Membahas tentang separatis, pada tanggal 25 Desember 2010 menjadi hari deklarasi (tebentuknya) sebuah kelompok yang menamakan diri "SEPARATIS '09" (SEkumpulan PemudA RAdikal, kriTis dan IdealiS) . Namun, berbeda dengan pengertian Separatis di atas. Gerakan ini lebih menitik beratkan sebagai sebuah gerakan yang tetap menjunjung tinggi nilai-nilai kebenaran dan tidak hendak memisahkan diri dari kelompok persatuan yang ada. Hanya sebuah gerakan yang dimaksudkan mampu memberi warna berbeda pada kelompok persatuan yang menaungi SEPARATIS '09.
           
LATAR BELAKANG TERBENTUKNYA GERAKAN SEPARATIS'09
          Tentu memunculkan pertanyaan "Mengapa SEPARATIS'09 bisa muncul?". Namun sebelumnya akan dijelaskan "Apa itu SEPARATIS'09" secara terperinci. SEPARATIS"09 adalah sebuah perkumpulan yang dibentuk untuk kembali menyatukan anak-anak IPPM PANGKEP KOORD. UNM angaktan 2009.
        Semua bermula saat diadakannya CITAMAS 1 (Cita Dasar Kemanusian 1), sebuah pengkaderan tingkat dasar dalam organisasi IPPM Pangkep. Pada kegiatan ini tampak tercipta sebuah degradasi bagi Angkatan'09, dimana terlihat dari kecamata anak-anak '09 masih dipandang sebelah mata. hal ini terbukti dengan banyaknya keluhan yang mengisyaratkan bahwa teman-teman merasa risih dan tersisih selama berlangsungnya kegiatan.
        Selepas dari kegiatan di atas, ada sebuah rutinitas yang dilakukan oleh dua Pemuda yang menjadi perintis dari gerakan SEPARATIS'09. Nurfajri Musalin  (fajri) dan Ahmad Shadiq (shadiq), dua pemuda ini sering melakukan perbincangan tentang kondisi kekinian yang tejadi di IPPM disela-sela permainan bola yang dimainkan ke-duanya pada layar kaca oleh bantuan teknologi (PS 2). Kata "SEPARATIS" muncul saat shadiq menceritakn keluhan dan rencananya untuk mencari kost bersama salah satu anak SEPARATIS (MUh. Agus). "Kayaknya saya mau jadi SEPARATIS kalau begini" kalimat yang sempat dilontarkan saudara Shadiq kepada saudara  Fajri. Akhirnya mereka berdua sepakat menggunakan kata"SEPARATIS" disetiap perbincangan yang melibatkan mereka berdua. Tidak hanya itu "salam dengan tangan kiri" pun mulai mereka lakukan.  Akhirnya pada sebuah perbincangan via telpon seluler antara ke-duanya, terlahirlah sebuah kepanjangan dari SEPARATIS yaitu Sekumpulan Pemuda Radikal untuk Idealisme. Dengan kecanggihan teknologi, saudara FAJRI meng-up date status melalui FaceBook dan mendapat tanggapan yang hangat dari teman-teman Angkatan'09. Akhinya perkumpulan ini dimulai meski masih dalam sekala kecil, dengan semboyan "Utamakan KUliah, Dahulukun Organisasi".
        Setelah beberapa waktu berlalu, gerakan ini telah merambah banyak anak-anak Angkatan'09 dan semua sepakat untuk pembentukan ini dengan mengubah menjadi "SEPARATIS '09" (SEkumpulan PemudA RAdikal, kriTis dan IdealiS). Kata "SEPARATIS" mulai didengungkan mereka dalam setiap kegiatan. Puncaknya pada pelaksanaan MUSYAWARAH KOORDINATOR XIV (MUSKO XIV) IKATAN PEMUDA PELAJAR MAHASISWA PANGKEP KOORD. UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR yang diadakan di Vila Istana, Malino Kab. Gowa (24-26 Desember 2010), mempertegas eksistensi dari "SEPARATIS '09". Dimana kala itu, para SEPARATER'S (Sebutan untuk anak SEPARATIS) menggebu-gebu dalam pelaksanaan musyawarah itu dan mengundang decak kagum dari banyak kalangan IPPM PANGKEP. Sebuah motto "Kami SEPARATIS dan Kami bangga" hampir memenuhi ruangan forum, tidak hanya terlantun dari SEPATER'S tapi juga dari banyak peserta MUSKO XIV yang hadir kala itu. Tepat tanggal 25 Desember 2010, dalam suasana hikmat canda tawa, SEPARATIS '09 ini pun dideklarasikan dengan motto "Kami SEPARATIS dan Kami Bangga" (We are SEPARATIS and We are proud) .
        Semoga eksistensi dari SEPARATIS'09 tetap ada dan mampu memberi warna berbeda pada IPPM PANGKEP, terkhusus IPPM PANGKEP KOORD. UNM serta mampu memberi karya nyata bagi daerah PANGKEP nantinya. AMIN.

SALAM SEPRATIS,
Kami SEPARATIS dan Kami bangga!

0 komentar: